El Clasico, laga yang selalu ditunggu di liga Spanyol yang mempertemukan Real Madrid dengan Barcelona yang tak sekedar merebut kemenangan atau tiga poin semata. Gengsi kedua klub turut mewarnai dalam setiap laga yang mempertemukan keduanya di berbagai ajang.

Tidak mengherankan jika dalam beberapa laga pertemuan kedua tim kerap diwarnai sejumlah kontroversi yang sering terjadi kala laga keduanya digelar.

Tidak hanya dari pemain kedua tim, para pelatih kedua tim pun kerap muncul kontroversi.
Dan berikut beberapa kontroversi yang pernah terjadi dalam laga El Clasico Real Madrid vs Barcelona:

 
1. Luis Figo

Publik Camp Nou dibuat geram ketika Luis Figo memutuskan bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2000,. Ketika kembali ke Camp Nou dengan mengenakan jersey Real Madrid, Figo menjadi sasaran suporter tuan rumah.

Selain dicemooh, Figo juga dilempari benda-benda asing oleh suporter tuan rumah saat mengambil sepak pojok. Dan bahkan ia juga pernah dilempari kepala babi.


2. Sergio Ramos

Sergio Ramos pernah membuat Lionel Messi terkapar setelah melepaskan tendangan keras ke arah La Pulga pada 2010 silam. Akibat perilaku Ramos tersebut terjadi kekacauan di lapangan dan memancing pemain Barcelona mendatangi wasit yang kemudian memberikan kartu merah kepada Sergio Ramos.DaftarGratis

Setelah pertandingan berakhir, Kapten dari masing- masing tim Iker Casillas dan Xavi Hernandez harus memberikan pesan khusus kepada publik sebagai upaya membangun kembali hubungan yang retak di antara kedua klub tersebut.


3. Jose Mourinho

Pada leg kedua final Copa del Rey 2011/2012, Barcelona menang atas Real Madrid dengan skor 3-2 yang membuat mereka menjadi juara musim ini. Menariknya, pada laga tersebut diwarnai insiden Jose Mourinho mencolok mata asisten pelatih Barcelona, Tito Vilanova.

Insiden itu terjadi usai Mercelo menekel keras Fabregas. Setelah itu pemain dari kedua tim terlibat keributan, termasuk pemain cadangan dan oficial. Dalam keributan itu Mourinho menyerang mata kanan Tito Vilanova.



4. Pep Guardiola

Pada semifinal Liga Champions 2010/2011 El Clasico kembali terjadi. Saat konferensi pers menjelang laga itu terlihat Pep Guardiola kehilangan ketenangannya akibat kritik Morinho.

"Seperti Tuan Mourinho memanggil saya Pep, saya juga akan memanggilnya Jose. Besok kami akan saling berhadapan di luar lapangan". kata Guardiola.



5. Pepe

Messi kembali jadi sasaran pemain Madrid. Kali ini Pepe sebagai pelakunya. Momen itu terjadi di El Clasico edisi Copa del Rey, Januari 2012.

Saat Messi tengah terduduk id rumput usai dilanggar Jose Callejon, Pepe menginjak telapak tangan Messi dengan kaki kanannya. Aksi Pepe ini luput dari pengawasan wasit. Dan usai pertandingan Pepe meminta maaf dan mengaku tak sengaja.